1.
Listing Program
Private Sub cmbmakan_Change()
cmbmakan.Text = "Nasi Goreng"
cmbmakan.Text = "Soto Ayam"
cmbmakan.Text = "Batagor"
cmbmakan.Text = "Nasi Ayam Bakar"
End Sub
Private Sub cmbminum_Change()
cmbminum.Text = "Es Teh Manis"
cmbminum.Text = "Es Jeruk"
cmbminum.Text = "Jus Alpukat"
cmbminum.Text = "Aqua Botol"
End Sub
Private Sub Command1_Click()
If cmbmakan.Text = "Nasi Goreng" Then
Text1 = 10000
Else
If cmbmakan.Text = "Soto Ayam" Then
Text1 = 8000
Else
If cmbmakan.Text = "Batagor" Then
Text1 = 5000
Else
If cmbmakan.Text = "Nasi Ayam Bakar" Then
Text1 = 11000
Else
Text1 = 0
End If
End If
End If
End If
End Sub
Private Sub Command2_Click()
If cmbminum.Text = "Es Teh Manis" Then
Text2 = 2000
Else
If cmbminum.Text = "Es Jeruk" Then
Text2 = 4000
Else
If cmbminum.Text = "Jus Alpukat" Then
Text2 = 6000
Else
If cmbminum.Text = "Aqua Botol" Then
Text2 = 3000
Else
Text2 = 0
End If
End If
End If
End If
End Sub
Private Sub Command3_Click()
End
End Sub
Private Sub Command4_Click()
Text3.Text = CInt(Text1.Text) + CInt(Text2.Text)
End Sub
Private Sub Command5_Click()
Text4.Text = Text3.Text * 0.1
End Sub
Private Sub Command6_Click()
Text5.Text = CInt(Text3.Text) + CInt(Text4.Text)
End Sub
Private Sub Form_Load()
cmbmakan.AddItem ("Nasi Goreng")
cmbmakan.AddItem ("Soto Ayam")
cmbmakan.AddItem ("Batagor")
cmbmakan.AddItem ("Nasi Ayam Bakar")
cmbminum.AddItem ("Es Teh Manis")
cmbminum.AddItem ("Es Jeruk")
cmbminum.AddItem ("Jus Alpukat")
cmbminum.AddItem ("Aqua Botol")
End Sub
2.
Logika Program
Pada pertemuan kali ini saya akan membuat program sederhana menggunakan
program aplikasi Visual Basic 6.0. program ini berfungsi untuk mementukan harga
makanan dan minuman yang harus dibayar setelah memilih menu program. Program
kali ini menggunakan kondisi percabangan If Then Else Berantai.
Program kali ini memiliki 5 label, 2 ComboBox, 6 CommandButton, 5
TextBox:
·
Label
ü
Label1pada
jendela properties→ caption ganti kata Label1 dengan Nisa’s Resto. Label ini
berfungsi untuk menempilkan judul yang diinginkan.
ü
Label2, pada
jendela properties→ caption ganti kata Label2 dengan Makanan.
Label ini berfungsi untuk memberikan keterangan pada user untuk memilih
menu makanan pada ComboBox yang berada disamping label ini.
ü
Label3, pada
jendela properties→ caption ganti kata Label3 dengan Minuman.
Label ini berfungsi untuk memberikan keterangan pada user untuk memilih
menu minuman pada ComboBox yang berada disamping label ini.
ü
Label4, pada
jendela properties→ caption ganti kata Label4 dengan Makanan.
Label ini berfungsi untuk memberi keterangan pada user bahwa
tampilan pada TextBox disampingnya adalah harga makanan.
ü
Label5, pada
jendela properties→ caption ganti kata Label5 dengan Minuman.
Label ini berfungsi untuk memberi keterangan pada user bahwa
tampilan pada TextBox disampingnya adalah harga
Minuman.
·
ComboBox
ü Combo1, pada
jendela properties→(name) ganti menjadi cmbmakan.
ComboBox ini berfungsi sebagai tempat memilih menu makanan.
ü Combo2, pada
jendela properties→(name) ganti menjadi cmbminum.
ComboBox ini berfungsi sebagai tempat memilih menu minuman.
·
CommandButton
ü Button1 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton1 dengan Makan.
Button ini berfungsi
untuk menampilkan harga makanan pada Text1. Button ini berisi perintah if Then
Else bercabang yaitu:
Private Sub Command1_Click()
If cmbmakan.Text = "Nasi Goreng" Then
Text1 = 10000
Else
If cmbmakan.Text = "Soto Ayam" Then
Text1 = 8000
Else
If cmbmakan.Text = "Batagor" Then
Text1 = 5000
Else
If cmbmakan.Text = "Nasi Ayam Bakar" Then
Text1 = 11000
Else
Text1 = 0
End If
End If
End If
End If
End Sub
ü Button2 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton2 dengan Minum.
Button ini berfungsi untuk menampilkan harga makanan pada
Text2. Button ini berisi perintah if Then Else bercabang yaitu:
Private Sub
Command2_Click()
If
cmbminum.Text = "Es Teh Manis" Then
Text2 = 2000
Else
If
cmbminum.Text = "Es Jeruk" Then
Text2 = 4000
Else
If cmbminum.Text
= "Jus Alpukat" Then
Text2 = 6000
Else
If
cmbminum.Text = "Aqua Botol" Then
Text2 = 3000
Else
Text2 = 0
End If
End If
End If
End If
End Sub
ü Button3 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton3 dengan Exit.
Button ini berfungsi
untuk mengakhiri program pada aplikasi ini. Button ini berisi perintah sebagai
berikut:
Private Sub Command3_Click()
End
End Sub
ü Button4 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton4 dengan Hitung.
button ini befungsi untuk menghitung jumlah harga makanan dan minuman.
Perintahnya:
Private Sub Command4_Click()
Text3.Text = CInt(Text1.Text) + CInt(Text2.Text)
End Sub
ü Button5 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton5 dengan Pajak.
Mengitung besarnya pajak. Text3*0.1. perintahnya:
Private Sub Command4_Click()
Text3.Text = CInt(Text1.Text) + CInt(Text2.Text)
End Sub
ü Button6 pada jendela properties→ caption ganti kata Buton6 dengan Harga
yang harus dibayar. Berfungsi menghitung
jumlah hasil hitung ditambah pajak. Perintahnya:
Private Sub Command6_Click()
Text5.Text = CInt(Text3.Text) + CInt(Text4.Text)
End Sub
·
TextBox
ü Text1 dan Text 2 berfungsi untuk
menampilkan harga makanan dan minuman.
ü Text3 berfungsi untuk menampilkan
hasil penjumlahan Text1 dan Text2
ü Text4 berfungsi untuk menampilkan besarnya
pajak
ü Text5 berfungsi untuk menampilkan
harga yang harus dibayar.
Pada saat program dijalankan. Pengguna akan memilih menu makanan dan
minuman yang terdapat pada ComboBox1 dan Combo Box2. Setelah memilih pengguna
akan mengklik button Minum dan Makan. Setelah mengklik button Makan dan Minum,
harga makanan dan minuman akan muncul pada Text1 dan Text2. Karena pada button
makan dan minum berisi kondisi percabangan If Then Else Berantai yang
menentukan harga makan dan minum. Setelah itu user mengklik button hitung,
berfungsi untuk menjankan perintah yang menampilkan jumlah harga makanan dan minuman
(Text1+Text2) pada Text3. Selanjutnya mengklik button pajak yang berfungsi
untuk menjalankan perintah yang menampilkan besarnya pajak (10%) dari Text3
yang akan ditampilkan pada Text4. Setelah itu mengklik button harga yang harus
dibayar yang berfungsi untuk menjalankan perintah untuk menampilkan besarnya
Text3+Tex4.
Untuk mengakhiri program mengklik button exit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar