Internet dan New Media

Rabu, 25 April 2012

BAB 6 IBD


BAB 6 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP
INDIKATOR: PENGERTIAN USAHA/PERJUANGAN


Oleh : Khairunnisa
VI.1 LANDASAN TEORI
Pandangan Hidup
 Pandangan Hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.

Pandangan Hidup berasal dari:
·         Pandangan hidup yang berasal dari agama, yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
·         Pandangan hidup yang berupa Ideologi, yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
·         Pandangan hidup hasil renungan, yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Unsur-unsur Pandangan Hidup:
·         Cita-cita apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha atau perjuangan.
·         Kebajikan segala hal yang baik yang membuat manusia makmur, bahagia,damai dan tenteram.
·         Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan.
·         Keyakinan atau kepercayaan, merupakan hal terpenting dalam hidup

USAHA/PERJUANGAN:
Usaha adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Kerja keras itu dapat dilakukan dengan otak/ilmu maupun dengan tenaga/jasmani, atau dengan kedua-duanya. Kerja keras pada dasarnya menghargai dan meningkatkan harkat dan martabat manusia. Karena itu tidak boleh bermalas-malas, bersantai-santai dalam hidup ini.

VI.2 ARTIKEL
Bocah Ini Kumpulkan 10.000 Dollar AS untuk Pengobatan Ayahnya
| Egidius Patnistik | Kamis, 19 April 2012 | 06:20 WIB
Share:
gawker.com
Hebat sekali anak ini. Drew Cox (6) berhasil mengumpulkan dana 10.000 dollar AS untuk mengobati penyakit kanker ayahnya.
GLADEWATER, KOMPAS.com  Hebat sekali anak ini. Drew Cox (6) berhasil mengumpulkan dana 10.000 dollar AS untuk mengobati penyakit kanker ayahnya.

Tiga bulan lalu, ayahnya, Randy Cox, didiagnosis menderita seminoma, sejenis kanker langka. Si kecil Drew memutuskan menggunakan kios lemonnya untuk mengumpulkan dana bagi pengobatan ayahnya.
 

”Dia sangat penting bagi saya,” kata Drew. Pada awalnya, limun yang dijual Drew sedikit saja. Setelah itu, tetangganya mulai mengetahui bahwa Drew berjualan untuk pengobatan ayahnya.
 

Kios limun itu menjadi pesta kecil di sekeliling rumah Drew. Banyak mobil yang antre untuk membeli limun sekaligus memberikan sumbangan. Pada sore hari, terkumpul 10.000 dollar AS. Teman Drew juga membuka rekening khusus untuk menampung bantuan. Rameka Loyd Royal berhasil mengumpulkan dana 5.000 dollar AS. (Reuters/Joe)

VI.6  PENDAPAT


Dari artikel diatas, kita dapat melihat bagaimana kerasnya usaha drew yang berusia 6 tahun berjuang keras demi ayahnya.  Perjuangan yang dilakukannya semata mata hanya untuk kesembuhan ayahnya. Dia tidak ingin ayahnya meninggalkannya. Usaha yang dilakukannya selama 3 bulan belum  tentu dapat dilakukan oleh orang lain  ataupun anak seusianya. Karena Pola fikir drew yang sangat  bijaksana membuat ia memiliki tujuan dan pandangan hidup yang baik yaitu mencari cara agar ayahnya dapat sembuh kembali.
Pandangan hidup yang dimiliki oleh Drew merupakan pandangan hidup hasil renungan. renungan tersebut berdasarkan kenyataan karena ayahnya sedang sakit maka ia memilki tujuan agar ayahnya sembuh. Pandangan hidup yang dimilikinya juga dibarengi dengan usaha dan perjuangan menjual limun di sekitar rumahnya. Usaha dan perjuangannya selama 3 bulan tidak sia-sia. Dana yang terkumpul lumayan banyak.
Drew berjuang keras dan tidak menyerah demi tujuannya. Meskipun awalnya dana yang terkumpul belum banyak, namun ia tetap melanjukan perjuangannnya yaitu terus berjualan.  Usaha drew yang tak kunjung padam membuat orang-orang disekitarnya turut membantu menyumbangkan dana untuk Ayah Drew, Drew percaya jika dia mau berusaha tujuannya bisa tercapai.
Drew berusaha keras berjualan limun menunjukkan bahwa ia bukan orang yang hanya bisa meminta. Dia menunjukkan bagaimana cara untuk mencapai tujuannya dengan tidak meminta minta pada orang lain. Drew mengajarkan bagaimana berjuang demi tujuanya tanpa harus meminta minta. Jarang sekali ada yang berfikir seperti itu. Kebanyakan berfikir sebaliknya, yaitu mengharap belas kasihan orang lain tanpa usaha dan kerja keras.
Jika yang terjadi dana yang terkumpul sedikit, mungkin Drew akan kecewa, namun kekecewannya itu tidak akan menimbulkan penyesalan. Karena ia telah berusaha sekeras mungkin untuk membantu Ayahnya. Walaupun yang didapat tak sesuai keinginannya.
 Dari peristiwa ini kita dapat belajar bagaimana caranya berusaha dan berjuang demi tujuan dan pandangan hidup yang kita ambil atau pilih seperti drew ini. Jadi kita harus menentukan pandangan hidup yang baik unutk hidup kita dan berusaha dan berjuang demi pandangan hiudp kita itu. Jangan menyerah sebelum kita mencapainya. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.


Daftar pustaka:
Sumber:http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com/2011/03/29/manusia-dan-pandangan-hidup/
http://www.scribd.com/doc/88699737/BAB-8-Manusia-Dan-Pandangan-Hidup-IBD

Tidak ada komentar: